Selasa, 20 November 2007

Cerita Wisata 1: "Interesting Place On Singapore"

INTERESTING PLACE ON SINGAPORE
Anda suka berwisata di dalam kota artistik sambil belanja sekaligus menikmati keindahan alam?
Singapore bisa menjadi salah satu alternatif kota yang menarik untuk Anda kunjungi...
Kota mungil ini menomorsatukan kebersihan dan ketertiban...
Di samping lingkungan dan tata kotanya yang teratur, Singapore juga menyediakan banyak obyek wisata yang cantik...
Yang mengagumkan adalah kemampuan ahli tata kota Singapore "menyulap" hutan buatan seolah alami. Sehingga, meskipun tidak memiliki hutan alami Singapore tetap tampak "back to nature". Di antara gedung-gedung shoping centre dan zona bisnis yang megah dan artistik, Pemerintah tetap mengupayakan adanya hutan buatan di dalam kota, yaitu "Botanical Garden" yang ditata apik dengan suasana alam yang meyejukkan mata. Pohon-Pohon juga tetap menyemarakkan sudut-sudut jalan sebagai paru-paru kota.
Di Kota ini warga negara yang tinggal bercampur antara China (Singapore) dengan India, Malaysia, dan Filipina. Bahasa utama yang digunakan adalah Inggris dan bahasa pendamping Melayu. Jadi tak perlu kuatir berbahasa Indonesia disini, karena sebagian warga Singapore cukup banyak yang bisa "cakap" Melayu. Walaupun begitu, sebaiknya Anda bersiap-siap dengan komunikasi bahasa Inggris jika sewaktu-waktu diperlukan.
Mengenai makanan, di sini tersedia beragam pilihan yang menggoda selera. Sebab, masakan yang ada adalah paduan antara makanan khas India ( dengan kare pedasnya), Malaysia (dengan nasi lemaknya), dan menu khas Singapore yang beraneka ragam. Di sini, jika Anda seorang Muslim perlu selektif memilih makanan, karena makanan yang mengandung babi jadi primadona disini. Maka bila ingin aman, lebih baik memilih makanan Malaysia,India vegetarian,Thailand atau restoran Fast Food semacam Kentucky Fried Chicken.
Untuk perjalanan di dalam kota, tak perlu kuatir... anda akan dimanjakan dengan kereta api listrik bawah tanah, taksi, dan Bis-bis dalam kota yang terawat dan berwarna-warni...
Lalu lintas di sini sangat tertib dan teratur... kemacetan adalah situasi langka disini.
Selengkapnya silakan anda baca uraian singkat di bawah ini.

# Jurong Bird Park

Sebuah taman burung yang sangat indah dimana kita dapat menyaksikan dan mengamati kehidupan sekitar 8000 jenis burung. Penangkaran dibuat asri menyerupai habitat asli aneka jenis burung tersebut. Bagian atas taman dinaungi oleh kubah berbahan transparan yang memungkinkan sirkulasi udara luar tetap dapat masuk. Pada jam-jam tertentu kita diberikan izin untuk memberi makan kawanan burung-burung yang dengan jinak menghampiri kita. Bahkan kita dapat berpose bersama burung-burung tersebut dengan jasa juru potret polaroid keliling (jika kita tidak membawa kamera pribadi).



# China Town

Obyek wisata yang menarik dimana kita dapat mengunjungi :
-Pertokoan / pusat perbelanjaan yang sangat sayang jika dilewati begitu saja. So Nice Shoping Centre
- Pusat Kebudayaan Cina: Tempat pemukiman penduduk Cina saat pertama kali ke Singapore.
- Masjid Jamae / Jamae Masque
- Sri Mariamman Indian Temple
- Rows of Traditional shop house.


*Esplanede Gedung pementasan seni Teater Nasional dan Internasional

Fasilitas: bertaraf Internasional 1600 seat Concert Hall dan 2000 seat theatre (Lux and so Nice!)

*Alkaff Mosque :
-Mesjid bernilai sejarah
(lokasi: Bedok Reservoir Road) yang didirikan sejak tahun 1932 oleh keluarga Alkaf (Syed Mohamed bin Abdulrahman Alkaf).
Mereka tiba di Singapore sejak 1852. Sekarang Mesjid tersebut berganti nama menjadi :
“Alkaff Kampung Melayu Mosque”


*Mustafa Plaza
Shopping Centre yang menjual berbagai jenis kain India dan perlengkapan shalat.

*Lucky Plaza
Pusat perbelanjaan bermacam-macam barang dengan harga murah meriah, menengah sampai “lux” (expensive) tersedia disini! Kualitas barang relatif bagus. Menariknya ada sebagian toko yang harganya bisa ditawar namun kualitas barang yang tak kalah dengan yang “lux” (expensive)


*Orchad Road
Ruas jalan di Singapore yang sisi kiri kanannya berderet gedung pusat perbelanjaan megah dan menakjubkan. Jika anda mencari pakaian, tas, jam tangan, serta barang lain yang bermerk terkenal (karya perancang ternama) dengan harga yang jelas expensive disinilah tempatnya.

#Raffles Plaza
Pusat perbelanjaan dengan harga relative murah, tapi kualitas barang baik.

#People Park Centre
Pusat perbelanjaan: Plaza, Mall (Exemple: OG), terdapat banyak elternatif Food Court Centre yang menggugah selera ( Namun tetap cermat dan hati-hati terhadap gerai yang menyajikan makanan mengandung babi, lebih baik bertanya kepada penjual).

- Fast Food Restaurand Halal:
Kentucky Fried Chicken, Burger King
Rumah Makan Padang:
“Rumah Makan Muslimah”

Di sini juga tersedia apartemen.


#Butterfly Park and Insect Kingdom Di tempat wisata ini
(Santosa-Singapore) kita bisa menyaksikan & menikmati keindahan sekitar
2500 jenis species kupu-kupu yang hidup (dipelihara di sangkar kaca) maupun diawetkan dalam lingkungan suaka alam buatan yang indah.

#Kampung Bugis
Pusat perbelanjaan barang-barang/kerajinan Tradisional penduduk setempat.

*Singapore Handicraft Centre Menyediakan berbagai souvenir handicraft yang unik dan khas China.
Antara lain; Patung-patung Budha dengan berbagai ukuran, Arca dewa-dewi Cina, patung kucing warna merah menyala, pajangan berbahan keramik bentuk aneka binatang,
berbagai kerajinan anyam-anyaman, taplak meja rajutan, pakaian tradisional china, dompet berbahan kain bercorak cantik, dan lain-lain.

# Botanical Garden Sebuah kawasan hutan
buatan yang ditata sedemikian rupa menyerupai keindahan hutan natural. Sehingga sangat cocok untuk tempat relaks dan refreshing.

(Penulis: Friska. Sumber: Jurnal pribadi-2004)

2 komentar:

azfaAZ mengatakan...

wah kapan yah bisa kesana lagi... :)

Friska Andini mengatakan...

Trima kasih sudah bertamu ke blog urang Bandung... :)salam kenal untuk Anda dan keluarga...